PENGARUH SERTIFIKASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DOSEN DAN MUTU PENDIDIKAN | Koentari | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

PENGARUH SERTIFIKASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DOSEN DAN MUTU PENDIDIKAN

Koentari Koentari

Abstract


Sertifikasi merupakan perwujudan dari UU No14 Tahun 2005 dan PP 19 Tahun 2005 yang diberikan bagi seorang guru atau dosen  dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan mutu tenaga pendidikan khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh sertifikasi dosen dan kompensasi terhadap kinerja dosen  dan mutu pendidikan. Adapun untuk mengetahui pengaruh variable factor sertifikasi, kompensasi, kinerja dosen dan mutu pendidikan  digunakan analisis regresi dibantu pengolahannya dengan program SPSS. Hasil penelitian  diketahui bahwa pengaruh variable sertifikasi dan kompensasi terhadap kinerja adalah sebesar 55,7 % sedang sisiaya 44, 3 % merupakan kontribusi dari factor lain, dan pengaruh variable sertifikasi dan kompensasi teerhgadap mutu pembelajaran adalah sebesar 58.8 % dan sisanya 41,2 % merupakan kontribusi lain diluar mutu pembelajaran.

Hasil pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi  Y=6.347+0.490 X1 + 0.305X2 hal ini menyatakan bahwa variabel sertifikasi dan kompensasi berpengaruh positif terhadap variabel kinerja guru.  Sedang persamaan regresi berikutnya adalah  Z = 7.724 + 0.937 X1 – 0.157 X2      hal ini menyatakan bahwa kontribusi yang diberikan akan memberikan peningkatan sebesar nilai variabel independen tersebut, sedangkan variabel Kompensasi bernilai negatif sehingga dapat dikatakan tidak memberikan nilai tambah terhadap mutu pembelajaran. Sertifikasi secara parsial berpengaruh signifikan  terhadap kinerja Dosen ,Variabel Kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja, Sertifikasi secara parsial berpengaruh signifikan  terhadap mutu pembelajaran dan Variabel Kompensasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran

 

Kata Kunci : Sertifikasi, kompensasi, Kinerja Dosen dan Mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Edward S. Total Quality Management In Education (alih Bahasa Ahmad Ali Riyadi ). Jogjakarta : IRCiSoD.2006.

Eksistensi dan Implementasi UUGD, Prof. Anwar Arifin, 2006

Engkoswara. Adminsitrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.2010.

________..Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.2005.

Hadis, A dan Nurhayati.Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.2010.

http://syahbanaakbar.blogspot.com/2013/11/fenomena-sertifikasi-guru-sangat-cetar.html#ixzz2JbjRDzwB

Jam’an, S. Penjaminan Sistem Jaminan Mutu dalam prakter supervise sekolah (Makalah). Bandung: tidak diterbitkan.2001.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Edidi III. (Jakarta : Balai Pustaka)

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan. (Bogor : Kencana),2003.

Nuri, Amat. Undang-Undang Guru dan Peningkatan Kompensasi Profesional Guru. Volume 9, Nomor 3, (Purwokerto : Insania)2004..

Prabu Mangkunegara, A.A. Anwar. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. (Bandung : Remaja Rosda Karya)2008.

Sunarto. Manajemen Imbalan. (Yogyakarta : AMUS dan UST)2004.

Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi. Membuka Jendela Pendidikan : Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. (Jakarta : Raja Grafindo Persada)2004.

Nana, S.S, Ayi N.J., dan Ahman. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip dan Instrumen). Bandung: Penerbit Rafika Aditama.2006.

Natawijaya, R. Kompensasi dan Etika professional Konselor masa depan. Bandung: Rosdakarya.2003.

Panduan Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan, Dirjen Dikti, 2007

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Permendiknas RI no 18 tahun 2007, tentang sertifikasi guru dalam jabatan

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.2008.

Riyanto, T. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Grasindo.2002.

Rochman, N. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Sa’ud, U.S. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.

Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.2003.

Sertifikasi Guru Untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu, Fasli Jalal, 2007

Undang- Undang no 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor