KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMPETENSI DAN MODAL SOSIAL PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEREMPUAN BERWIRAUSAHA DI DKI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan variabel-variabel yang mempengaruhi Motivasi dan Kinerja Perempuan Berwirausaha. Dengan menganalisis Karakteristik Individu, Kompetensi dan Modal Sosial pengaruhnya terhadap Motivasi dan dampaknya pada Kinerja Perempuan Berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah Perempuan Berwirausaha di DKI Jakarta. Sampel penelitian dengan insidental sampling sebanyak 150 orang Pengusaha Perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan pada hipotesis pertama terdapat pengaruh Karakteristik Individu, Kompetensi dan Modal Sosial pengaruhnya terhadap Motivasi dan dampaknya pada Kinerja Perempuan Berwirausaha, pengujian dilakukan dengan melihat nilai Koefisien Determinasi (Squared Multiple Correlations) pada Structural Equation Model Pertama. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini di tunjukkan dengan nilai Squared Multiple Correlations yaitu sebesar 0,743. Hal ini dapat diartikan bahwa Karakteristik Individu, Kompetensi dan Modal Sosial pengaruhnya terhadap Motivasi dan dampaknya pada Kinerja Perempuan Berwirausaha sebesar 74,3% Terdapat pengaruh Karakteristik Individu, Kompetensi dan Modal Sosial pengaruhnya terhadap Motivasi dan dampaknya pada Kinerja Perempuan Berwirausaha. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Karakteristik Individu terhadap Motivasi, sehingga hipotesis kedua dapat diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Karakteristik Individu terhadap Motivasi, sehingga hipotesis ketiga dapat diterima. Modal Sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap Motivasi. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perempuan Berwirausaha.Full Text:
PDFReferences
Anderson, Alistair., El Harbi, Sana dan Brahem, Meriam. 2013. Enacting Entrepreneurship in 'Informal' Business. Entrepreneurship and Innovation Vol. 14 No.3 pp 137-149.
Dooley, L., & O'Sullivan, D. 2001. Structuring innovation: A conceptual model and implementation methodology. Enterprise and Innovation Management Studies, 2(3), 177-194.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 2003, Manajemen Strategis, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Morris, M.H, Lewis, P.S. & Sexton, D.L. 1994. Reconceptualizing Entrepreneurship: An
Input-Output Perspective. Sam Advanced Management Journal, Winter: 21 - 31.
Prahalad, C. K., & Ramaswamy, V. 2003, Summer. The New Frontier of Experience Innovation [Electronic version]. MIT Sloan Management Review. Reprint 4442.
Stewart, W. H., & Roth, P. L. 2001. Risk propensity differences between entrepreneurs and managers: A meta-analytic review. Journal of Applied Psychology, 86(1), 145-153.
Sugidarma, I Putu. (2004). "Analisis Tipe Strategi Industri Kecil Dan Menengah Di Kawasan Sarbagita Bali". Thesis. Malang: Universitas Brawijaya.
Wong, Poh-Kam, Ho, Yuen-Ping, Singh, Annette. 2007. Towards an "Entrepreneurial University" Model to Support Knowledge-Based Economic Development: The Case of the National University of Singapore. World Development, 35 (6): 941 - 958
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i1.138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor