Hubungan Promosi Dan Sarana Apartement Dengan Kepuasan Penghuni Apartemen Tower Cempaka Grand Dhika City Bekasi

Titin TM Maidrati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Mengetahui hubungan dari promosi dengan kepuasan penghuni. 2). Mengetahui hubungan sarana dengan kepuasan penghuni. 3). Untuk mengetahui hubungan secara silmutan promosi dan sarana dengan kepuasan penghuni. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah para konsumen penghuni Apartemen Tower Cempaka Grand Dhika City Bekasi  yang berjumlah 100 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang sudah ditabulasikan diuji validitas dan Reliabilitasnya untuk menguji instrumen penelitian. Uji analisis data menggunakan uji korelasi untuk mengetahui arah hubungan dan determinan untuk menentukan signifikasi serta menguji hipotesis penelitian untuk menentukan dari hubungan antara  variabel independen dengan variabel dependen.

Dari hasil korelasi dari tiap variabel yang pertama variabel promosi dengan nilai 0.390 dengan kreteria rendah dinyatakan terdapat hubungan promosi dengan kepuasan penghuni dengan hasil Nilai sig yang dihasilkan sebesar 0.000. Dimana nilai pengujian hipotesis untuk mengetahui hubungan dari setiap variabel dikatakan Ho diterima dan Ha ditolak maka dengan kreteria nilai Sig. pada rhitung ≤ 0.05 jadi 0.000 ≤ 0.05. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan yang kedua variabel sarana dengan hasil korelasi 0.567 dengan kategori sedang dan dapat dinyatakan terdapat hubungan sarana dengan kepuasan penghuni dengan hasil Nilai sig yang dihasilkan 0.000 dengan kreteria Ho diterima dan Ha ditolak maka dengan nilai Sig. pada rhitung ≤ 0.05 jadi 0.000 ≤ 0.05. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima

Selanjutnya dari hasil uji hipotesis secara silmutan perhitungan secara keseluruhan menghasilkan nilai sebesar 0.324 dan setelah itu diujikan kedalam uji signifikansi untuk mengetahui nilai F yang dimana didapat nilai F sebesar 97.129, adapun kreteria dari pengujian hipotesis dengan Fhitung > Ftabel. Nilai Ftabel dilihat dari nilai dk (100 – 2 = 98). Jadi pengajuan hipotesis secara silmutan diterima karena nilai Fhitung > Ftabel yaitu 97.129 > 1.66 Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat hubungan secara signifikan antara promosi dan sarana Apartement dengan kepuasan penghuni Apartemen Tower Cempaka Grand Dhika City Bekasi.

 

 

 

Kata Kunci : Promosi, Sarana, Kepuasan Penghuni


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor