Pengaruh Harga dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Produk

Susilowati Budiningsih, Meryati Santoso, Nur Dahyanti

Abstract


Harga dan kemasan merupakan dua dari banyak faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk. Penelitian dilakukan di Hypermart Gading Serpong dengan mengambil 100 orang pembeli produk Pop Mie sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup 5 skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel harga dan kemasan sebagai variabel bebas (independen) dan variabel keputusan pembelian sebagai variabel terikat (dependen). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS), dimana diuji terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda sebagai alat analisis serta uji-t dan uji-F untuk pengujian hipotesis.

Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu 1) harga memiliki pengaruh siginifikan terhadap keputusan pembelian dengan arah positif, 2) kemasan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan arah positif, dan 3) harga dan kemasan secara bersama-sama memiliki pengaruh signifika terhadap keputusan pembelian.

                                       

Kata kunci: Harga, Kemasan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amelia, Corry dan Susilowati Budiningsih. 2016. Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pelatihan (Studi Kasus Konsumen C&G Training Network). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan STIE IPWIJA Vol. 13 No. 1: 14-26.

Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan: Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

_________. 2007. Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Belch, George E. dan Michael A. Belch. 2012. Advertising and Promotion : an Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill.

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 2, Cetakan 6. Yogyakarta: BPFE.

Griffin, Ricky W. dan Ronald J Ebert. 2015. Pengantar Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

______. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1 dan 2. Terjemahan: Drs. Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

______. 2010. Principles of Marketing. 13th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Njoto, Tommy K. 2016. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol. 1 No. 4: 455-463.

Stanton, William J. 1996. Marketing Management. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Supranto, J. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi 7, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sutojo, Siswanto. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 2. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widaryono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariate Terapan. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor