https://ulas.surakarta.go.id/vendor2/s-depo10k/ https://bontangprima.bontangkota.go.id/storage/zgacor/ https://dpmptsp.batangharikab.go.id/sgacor/ https://mahasiswa.stie-yai.ac.id/mobile/pulsa-2024/ https://mahasiswa.stie-yai.ac.id/mobile/s777/ https://disdukcapil.inhilkab.go.id/demo/ https://disdukcapil.inhilkab.go.id/s-2024/ https://presensi.blorakab.go.id/storage/framework/cache/10k/ https://erk.musirawaskab.go.id/pwa/images/ https://erk.musirawaskab.go.id/product/ https://erk.musirawaskab.go.id/vendor/s777dana/ https://erk.musirawaskab.go.id/vendor/sdepo10k/ https://uhc.semarangkota.go.id/filemanager/uploader/demo/
Menanamkan Jiwa Wirausaha di Pesantren dengan Pola Anak Asuh | Sunarso | Jurnal Abdimas IPWIJA

Menanamkan Jiwa Wirausaha di Pesantren dengan Pola Anak Asuh

Sunarso Sunarso, Abdul Manaf, Rochmad Fadjar Darmanto, Anik Ariyanti

Abstract



Kesuksesan wirausahawan dihasilkan dari proses panjang melalui interaksi dengan lingkungan yang mendukung sejak usia dini. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan di lapangan pada tanggal tanggal 4 Desember 2022, lingkungan Pesantren Ar-risalah merupakan tempat yang sangat mendukung dalam menanamkan jiwa wirausaha karena memiliki rentang waktu berinteraksi secara rutin dan teratur dalam kurun waktu yang lama yaitu antara 3 hingga 6 tahun dengan kisaran usia anak didik 6 tahun hingga 18 tahun atau antara usia SD dan SLTA. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mencari alternatif solusi dalam menentukan pola pendidikan kewirausahaan di pesantren. Metode yang penulis gunakan adalah dengan mengadakan kegiatan di lingkungan Pesantren Ar-risalah Cariu untuk mendapatkan gambaran dslam memilih pola pendidikan wira usaha yang cocok dan jenis program yang tepat manfaat. Hasil pengabdian disajikan secara kualitatif untuk mendeskripsikan hasil kegiatani secara komprehensip disertai foto-foto kegiatan santri yang sesuai. Berdasarkan hasil kegiatan awal, kami menemukan perlu adanya sosok pendamping yang dapat berinteraksi secara personal kepada para santri sehingga dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat perlu dilanjutkan dengan program pendidikan wirausaha sejak awal masuk pesantren hingga tahun terakhir melalui pola anak asuh.

Kata kunci: Jiwa Wira Usaha; Pesantren; Pola Pendidikan Anak Asuh


Keywords


Jiwa Wira Usaha; Pesantren; Pola Pendidikan Anak Asuh

References


DAFTAR PUSTAKA

Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44-57.

Falah, R. Z. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Khuliyatun, S., Sindi, S., & Sumirah, S. (2020). Pencapaian Eksistensi Guru dengan Sikap Komitmen dan Keterampilan Mendidik Peserta Didik Studi Library Research. Jurnal Literasiologi, 4(2).

Maulana, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar di MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta.

Muhaimin, H. (2018). Membangun Mental Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 3(1), 55-75.

UMAM, K. (2017). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Santri Dan Masyarakat Di Lingkungan Pondok Pesantren Wirausaha Lantabur Kota Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).


Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.