Media Pembelajaran Tutup Botol untuk Pendidikan Anak Usia Dini | Triastuti | Jurnal Abdimas IPWIJA

Media Pembelajaran Tutup Botol untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Yuli Triastuti, Jayadi Jayadi, Susilowati Budiningsih, Yuridistya Primadhita

Abstract


ABSTRAK 

Media pembelajaran dengan tutup botol untuk pendidikan anak usia dini atau disingkat tubol diksi merupakan media pembelajaran yang mudah dibuat, unik, dan menarik. Bahan baku utama tutup botol termasuk dalam ketegori limbah sampah. Pemanfaatan tutup botol bekas dengan sentuhan seni dapat menghasilkan barang yang bernilai tambah dan mengedukasi anak. Target pelatihan tubol diksi diberikan kepada sekolah dan ibu-ibu masyarakat luas sebagai upaya mencerdaskan anak dan menghasilkan penghasilan tamabhan. Disamping itu, media ini bermanfaat untuk membantu pengurangan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.          Media pembelajaran ini sesuai dengan psikologi perkembangan anak di rentang usia 3-6 tahun yang lebih mengena apabila menggunakan permainan. Dengan alat tubol diksi, membantu anak usia dini belajar dengan menggunakan cara yang lebih menarik dan menyenangkan.

 

ABSTRACT

 

Learning media with bottle caps for early childhood education or abbreviated as tubol diksi is a learning media that is easy to make, unique, and interesting. The main raw material for bottle caps is included in the category of waste waste. The use of used bottle caps with a touch of art can produce value-added items and educate children. Tubol diksi training targets are given to schools and mothers in the wider community as an effort to educate children and generate additional income. In addition, this media is useful to help reduce waste and keep the environment clean. This learning media is in accordance with the psychology of child development in the age range of 3-6 years which is more effective when using games. With a diction tube tool, it helps early childhood learn in a more interesting and fun way.


Keywords


media belajar, pendidikan anak, daur ulang, learning media, children's education, recycling

References


Ariani. (2018). Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Menjadi Media Tanam (Pot) di Lahan Sempit. Abdimas PEdagogi, 1-7.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Putri, R., & Silalahi, A. (2018). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Yang Bernilai Estetika dan Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 233-236.

Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 141-146.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11, No. 1.

Wargadinata, A. (2002). Pengetahuan Bahan. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Zumrotun, A., & Attalina, S. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil. Mimbar PGSD Undiksha, 499-507.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.