Pelatihan Pemasaran Langsung pada UMKM di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor (Direct Marketing Training for MSMEs in Cileungsi Subdistrict Bogor Regency)
Abstract
ABSTRAK
Â
Dalam meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan dalam rumah tangga beberapa ibu-ibu berkarya dengan membuat usaha rumahan, usaha rumahan merupakan bentuk perusahaan kecil milik masyarakat secara perorangan. Dan usaha rumahan ini tergabung dalam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan nama Forum UMKM Kecamatan Cileungsi dan UMKM ini dijadikan mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Era pandemi kali ini usaha rumahan ini mengalami kesulitan dan hambatan dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Untuk memecahkan permasalahan yang timbul tersebut tim pengabdian kepada masyarakat LP2M STIE IPWI Jakarta memberikan penyuluhan dengan judul Pemasaran Langsung, yang memungkinkan mitra berpartisipasi aktif dalam kegiatan dari pembukaan sampai dengan akhir penyuluhan.
Â
Â
Kata kunci: pemasaran langsung
Â
ABSTRACT
In increasing income and improving well-being in households some mothers work by making a home business, a home business is a form of small company owned by the community individually. And this home business is incorporated in micro, small and medium enterprises (UMKM) with the name of the Cileungsi Subdistrict UMKM Forum and UMKM are used as partners in community service activities. This pandemic era of home businesses experienced difficulties and obstacles in the marketing of the products produced. To solve the problems that arise, the community service team LP2M STIE IPWI Jakarta provides counseling with the title of Direct Marketing, which allows partners to actively participate in activities from the opening to the end of extension.
Â
Keywords: direct marketingFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Adi, Rumiyanto Isbandi. (2019). Intervensi komunitas dan pembangunan Masyarakat Sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: PT Raja Grafindo Persana.
Emiliasari, Reynasa Noor. (2020). Pedampingan Penerapan Manajemen Pemasaran Produk Home Industri Desa Cikedu. Jurnal Parahita Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1 No.2 halaman 106-115.
Rezky, Syarifah Fadillah & Hamdani, R. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Abdimas TGD,Vol 1pp:39-44.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas IPWIJA