https://satupeta.espacialartwork.co.id/build/assets/ https://kjif.unjani.ac.id/tools/88/ https://akademik.politeknik-kebumen.ac.id/nbproject/private/malam/ https://siamo.pmi.or.id/kegiatan/dana/ https://dashboard.amcc.or.id/file/
  • https://goploong.id/
  • https://web.rsipalangkaraya.co.id/damnbrow/
  • https://ijstm.inarah.co.id/js/
  • https://cpcl.hk/
  • https://infolaras.bpbd.garutkab.go.id/formlaporan/20-demo/
  • https://anoatik.uho.ac.id/locale/amp/
  • https://anoatik.uho.ac.id/supreme/
  • https://anoatik.uho.ac.id/sdemo/
  • http://lingkungan.ft.unand.ac.id/webanalyze/
  • http://lab.ilkom.unila.ac.id/
  • https://kemahasiswaan.itenas.ac.id/vendor/
  • https://bpjt.pu.go.id/uploads/mod/
  • https://jurnal.pps.uniga.ac.id/ojs-3.1.2-4/demo/
  • https://jurnal.pps.uniga.ac.id/data/
  • https://jdih.kepulauanselayarkab.go.id/tests/
  • https://dashboard.amcc.or.id/file/
  • https://integrasi.djpt.kkp.go.id/rekomendasikapal/murah/
  • https://integrasi.djpt.kkp.go.id/login_baru/-/
  • https://integrasi.djpt.kkp.go.id/kuotasdi/files/qr/
  • https://www.pharmacy.up.ac.th/fonts/mendemo/
  • https://www.pharmacy.up.ac.th/PHAR1/
  • https://siakad.mahadalymudi.ac.id/vendor/ https://siakad.mahadalymudi.ac.id/data/ https://sensor.kemdikbud.go.id/public/data/ slot thailand slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor slot gacor slot maxwin slot gacor
    PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAURAN PEMASARAN 7P PADA UMKM DI KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR | Ariyanti | Jurnal Abdimas IPWIJA

    PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAURAN PEMASARAN 7P PADA UMKM DI KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR

    Anik Ariyanti, Felisa Piolin S

    Abstract


    ABSTRAK

    Tujuan utama pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk menambah pemahaman para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kecamatan Cileungsi dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil penjualan yaitu melalui penerapan bauran pemasaran 7P. Metode pengabdian adalah dengan pendekatan penyuluhan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kecamatan Cileungsi Bogor. Hasil pengabdian adalah peningkatan pengetahuan dan pemahaman pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kecamatan Cileungsi tentang bauran pemasaran 7P yang meliputi products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence. Pemahaman tentang bauran pemasaran 7P ini sangat penting untuk diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga mereka memahami tentang kualitas produk, cara penentuan harga, pertimbangan lokasi, sumber daya manusia yang diperlukan, proses produksi dan distribusi serta kemasan yang menarik.

    Kata kunci: bauran pemasaran 7P

     

    ABSTRACT

    The main purpose of this training and mentoring is to increase the understanding of Micro Small and Medium Enterprises of Cileungsi Subdistrict in determining the right marketing strategy so that it affects the increase in sales results, namely through the application of 7P marketing mix. The method of devotion is with an extension approach to micro small and medium enterprises of Cileungsi Bogor subdistrict. The result of the service is an increase in knowledge and understanding of Cileungsi Subdistrict Micro Enterprises about the 7P marketing mix which includes products, prices, promotions, place, people, process, and physical evidence. This understanding of the 7P marketing mix is very important to give to micro small and medium enterprises so that they understand about the quality of the product, the way of pricing, location considerations, human resources needed, production and distribution processes and attractive packaging.

    Keywords: 7P marketing mix


    References


    DAFTAR PUSTAKA

    Andani, M.R. (2020). Pengenalan Konsep Marketing Mix dan 7P dalam Pemasaran Produk Bisnis. Diunduh dari: https://www.sekawanmedia.co.id/marketing-mix/

    Asrindra, (2021). 5 Alasan Pentingnya Kemasan Produk Bagi Bisnis Kamu. Diunduh dari: https://bit.ly/3jUCXqi

    Kristiani, V.M. (2021). Proses Produksi: Pengertian, Jenis, Tahapan, dan Karakteristik. Diunduh dari: https://www.hashmicro.com/id/blog/pengertian-proses-produksi/

    Kumalasari, R.D. (2017). Pemilihan Lokasi Usaha sebagai Salah Satu Strategi dalam Business Start Up. Diunduh dari: https://binus.ac.id/malang/2017/06/pemilihan-lokasi-usaha-sebagai-salah-satu-strategi-dalam-business-start-up/

    Saputra, Dany. (2021). Bukan Main! Menko Airlangga Ungkap Kontribusi UMKM Rp8.573 Triliun terhadap PDB RI. Bisnis Com. Diunduh dari: https://bit.ly/3jVc8SC.

    Togodly, E., Tarore, H.S., & Tumbel, T.M. (2010). Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Penjualan pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica di Kabupaten Jayawijaya. Diunduh dari: https://media.neliti.com/media/publications/269349-pengaruh-promosi-terhadap-peningkatan-pe-211150f6.pdf

    Martini, A.N., Febriyansyah, A, dan Veanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pmbelian handphone Oppo di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 2 (3) hal.29-39. ISSN: 2686-1054.


    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas IPWIJA