PELATIHAN STUDI PUSTAKA BAGI MAHASISWA EKONOMI DI LINGKUNGAN KAMPUS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Ali Zainal Abidin, Kenny Pradipta Montoya Putra Pratama

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan wawasan mahasiswa ekonomi terkait dengan pembelajaran strategi penyusunan studi pustaka penelitian. Pelatihan studi pustaka ini merupakan inisiatif penting untuk meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa ekonomi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kegiatan ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan analisis literatur yang mendalam, memperkuat metodologi penelitian, dan mempromosikan penggunaan sumber informasi yang valid dan terkini. Dengan fokus pada teknik pencarian literatur, evaluasi sumber, dan sintesis informasi, pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan penelitian mahasiswa yang lebih inovatif dan aplikatif. Mengingat mayoritas mahasiswa yang hanya fokus pada hasil penelitian dan kurang memprioritaskan kajian pustaka yang berkualitas. Objek kegiatan pengabdian adalah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta terutama semester 6 yang akan mengambil tugas akhir seminar proposal dan skripsi. Kegiatan pengabdian akan dilaksanakan secara luring/daring yang disesuaikan dengan kebutuhan, ketersediaan tempat, dan jadwal para mahasiswa. Pelatihan ini akan mengutamakan proses pencarian pustaka pada berbagai laman, penggunaan aplikasi yang membantu penyusunan studi pustaka, serta teknis-teknis merangkum informasi penting dari masing-masing referensi. Harapan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan menyusun studi pustaka yang lebih berkualitas bagi mahasiswa ekonomi UMS. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan hasil pelatihan ini dan diimplementasikan dalam riset-riset mahasiswa ke depan.

Keywords


training; students; literature review

References


Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software development dengan Extreme Programming (XP) pada aplikasi deteksi kemiripan judul skripsi berbasis Android. Jurnal Inovtek Polbeng Seri Informatika, 5(2), 297-307.

Cahyono, D., Rohadi, M., & Nurjamal, N. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(1), 43-50.

Cahyono, H. (2019). Peran mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1(1), 32-41.

Dawadi, S., Shrestha, S., & Giri, R. A. (2021). Mixed-methods research: A discussion on its types, challenges, and criticisms. Journal of Practical Studies in Education, 2(2), 25-36.

Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Cheung, C. M., Conboy, K., Duan, Y., Dubey, R., ... & Viglia, G. (2022). How to develop a quality research article and avoid a journal desk rejection. International Journal of Information Management, 62, 102426.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54

Greussing, E., Kuballa, S., Taddicken, M., Schulze, M., Mielke, C., & Haux, R. (2020). Drivers and obstacles of open access publishing. A qualitative investigation of individual and institutional factors. Frontiers in Communication, 5, 587465.

Gulbrandsen, M., & Thune, T. (2017). The effects of non-academic work experience on external interaction and research performance. The Journal of Technology Transfer, 42, 795-813.

Hiebl, M. R. (2023). Sample selection in systematic literature reviews of management research. Organizational research methods, 26(2), 229-261.

Leshchenko, M. P., Kolomiiets, A. M., Iatsyshyn, A. V., Kovalenko, V. V., Dakal, A. V., & Radchenko, O. O. (2021, March). Development of informational and research competence of postgraduate and doctoral students in conditions of digital transformation of science and education. Journal of physics: Conference series (Vol. 1840, No. 1, p. 012057). IOP Publishing.

Linnenluecke, M. K., Marrone, M., & Singh, A. K. (2020). Conducting systematic literature reviews and bibliometric analyses. Australian Journal of Management, 45(2), 175-194.

Paul, J., & Criado, A. R. (2020). The art of writing literature review: What do we know and what do we need to know?. International business review, 29(4), 101717.

Pehlivanoglu, D., Lin, T., Deceus, F., Heemskerk, A., Ebner, N. C., & Cahill, B. S. (2021). The role of analytical reasoning and source credibility on the evaluation of real and fake full-length news articles. Cognitive research: principles and implications, 6, 1-12.

Putri, L. D., & Soehardi, F. (2018). Pemberdayaan Mahasiswa Fakultas Teknik Dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 315-321.

Saravanakumar, A. R. (2020). Life skill education for creative and productive citizens. Journal of Critical Reviews, 7(9), 554-558.

Siedlecki, S. L. (2020). Understanding descriptive research designs and methods. Clinical Nurse Specialist, 34(1), 8-12.

Wolters, C. A., & Brady, A. C. (2021). College students’ time management: A self-regulated learning perspective. Educational Psychology Review, 33(4), 1319-1351.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.